Waw...sudah lamaaa sekali tidak menikmati rutinitas kota Jakarta di pagi hari..sejak tahun 2006 kalo nggak salah..soalnya sejak itu aku dapat kuliah malam dari kampus, yah terakhir2 banget itu waktu lagi magang..selebihnya menikmati macetnya kota Jakarta di pagi hari hanya sesekali saja.
Semenjak itu jg udah jaraaang banget dengerin siarannya Mas Bedu dan Mas Rico di Mustang..*padahal kangen candaan mereka* selain itu setiap ada kesempatan berangkat pagi, aku lebih memilih menggunakan motor ketimbang mobil. IUH..Jakarta sekarang?? Huaah..syelesyei deh hidup kita di jalanan klo naek mobil pagi hari..hehe..
Terhitung sejak tanggal 20 Agustus kemaren, aku resmi bekerja menjadi karyawan di daerah Menteng, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang sosial...Dan resmi pula aku menjadi komunitas pengguna jalanan Jakarta di pagi hari untuk rute Duren Sawit – Casablanca – Rasuna Said – Blora – Talang Betutu, Menteng.
Walau wajah berkeringat//tak kupedulikan lagi//Walau panasnya menyengat//Kulewati Casablanca...
Sepenggal lirik dari lagunya Kahitna sangat mewakili diriku deh sekarang. Perang pun dimulai di pagi hari, siap dengan motorku, helm, *eh helm baru mahal yak?*, masker dan tas gemblok warna pink..*mau ganti tas..habis ketahuan ceweknya!*, aku pun melaju melewati jalan terusan Casablanca..
Biasanya mandeg mulai terasa dari Cipinang, lalu terasa lagi di setiap Fly Over atau Under Pass, karena mobil nyabet dari sudut mana pun untuk menuju ke dua jalur Fly Over/Under Pass, sehingga para motor, tersisihkan di paling ujung jalur dan kami pun berebutan masuk ke jalur motor di sebelah kiri. Ditambah lagi para mikrolet yang selalu nurunin atau naekkin penumpang di tempat yang sama dengan para motor..Kemudian paaallling mandeg ya di kawasan TPU Menteng Dalam Casablanca menuju Terowongan Casblanc sampai puteran menuju Rasuna Said. Busseeett..itu yang namanya motor ya..sempet2nya ada aturan berhenti! Padahal motor lho..Barulah dari Rasuna Said, motor bisa bergerak bebas kembali karena tiap kendaraan memiliki jalur sendiri, kami para bikers di jalur lambat, sedangkan mobil2 di jalur cepat. Klopun ada hambatan, paling2 itu ulahnya Kopaja yang ngetem dan nurunin penumpang, serta mobil-mobil yang ingin memasuki area perkantoran...
Selama perjalanan, banyak hal-hal yang bisa dilihat lebih jelas, lalu terkadang membuahkan suatu pemikiran tentang kota Jakarta.
Tau nggak sih lo..? Jalur di Casablanca itu selalu macet di pagi hari dan bisa bergerak sedikit bebas baru sekitar jam 10 atau jam ½ 11. mulai jam 12-an..kembali macet karena jam makan siang..
Penyebab kemacetan bisa bermacam-macam..kalo sampai para pengguna motor nggak bisa jalan, biasanya ada mobil yang mogok. Atau kecelakaan beruntun, dan paling apes buat para pengguna jalan klo kejadian itu terjadi di jalan yang hanya terdapat 2 jalur..WUH itu ya mati2an deh berjuangnya..dan jangan salah, klo kejadiannya terjadi di jalan yang memiliki 3 jalur pun tetap menyebabkan macet yang aduhai yang bisa membuat jalur motor pun tersendat, hanya saja tingkatannya tdak separah kecelakaan di 2 jalur...
Lalu..setiap hari selama seminggu ini, sebenarnya sejak dulu..aku perhatikan di Casblanc itu kecelakaan selalu terjadi tiap hari. Apapun! Yang paling sering sih motor dengan mobil..kemudian mobil dengan mobil yang menyerempet atau kasus paling sering terlihat adalah nyosor mobil depan akibat ngerem mendadak *nggak heran karena jalannya seiprit-iprit*...lalu motor dengan motor juga ada..tapi nggak terlalu krusial, karena kita udah cuek aja klo saling menyenggol sedikit..kecuali kalo sampai merusakkan hal-hal yang penting, kayak lampu sampai pecah..
Dan hampir menjadi pemandangan setiap hari pula melihat pecahan kaca berserakan di jalan Casblanc *geleng2 kepala*..
Sebenarnya bukan mau menyalahkan motor terlalu dalam..karena kan semua tergantung gimana disiplinnya si pengemudi..tapi bener loh, pemicu awal terjadinya kecelakaan di Casblanc itu biasanya motor.. *kecuali untuk kasus mobil-mobil*
Gimana nggak, aku aja nih yang lagi ngantri melaju di jalur motor, pelan-pelan bawanya, dengan jarak sesenti dengan motor depan, masih ada aja motor yang mau nyalib aku dari kanan..bodoh kan? Hal kayak gitu sering bikin kaget mobil-mobil yang ada di sebelah kanan, sehingga mereka jadinya ngerem mendadak..ya iyalah..gimana nggak kaget klo tiba-tiba motor bikin 2 jalur dengan jarak ke body mobil lebih mepet lagi..? terus nih..klo ada mobil yang udah ngasih sen mau belok..masih ada aja motor yang nggak kasih..padahal apa sih susahnya ngasih dan menunggu sebentar dia belok? Toh jalanan di depan juga tak bergerak panjang..ini mah terus aja berkelok-kelok motornya menghindari mobil yang mo belok..gara2 hal itu juga makanya motor aku keserempet motor lagi..aku lagi nunggu mobil mau ngambil kanan, eh ada motor dari samping terus aja melaju menghindari mobil itu, motor gue kan yang kena!! Pacar Keduaku bodynya sedikit tergores..hikz..Please atuh lah sabar-sabar aja..
Hal lain yang merugikan di Casblanc adalah tindak kriminal untuk menguntungkan kepentingan usaha..sering banyak ranjau paku berserakan di sisi kiri jalan..yang apes kena, ban bisa kempes dan mau nggak mau harus menambal di tambal ban terdekat. Yang parah kempesnya bukan kempes biasa, tapi sampai ke bagian ban dalam sehingga seringkali tempat tambal ban itu meminta motor untuk mengganti bannya. Hati-hati lho...
Well, basically kemacetan itu terjadi karena TERLALU BANYAK KENDARAAN di JAKARTA!! Ya iyalah,, sehari aja pertumbuhan kendaraan di Jakarta selalu naik, udah gitu mobil yang masuk Jakarta pun bertambah setiap harinya. Contoh di salah satu dealer mobil, pembelian harian mereka itu dalam sehari adalah 15.000 unit mobil! Can u imagine..sangat tidak sebanding dengan pertumbuhan jalanan di Jakarta yang wiciz aku mikir..mau tambah jalan dimana lagi!!?
Orang pada sok kaya apa yak? Belinya mobil mulu..hehe..
Tapi ya susah juga, orang mikir 2x deh mo naek angkot secara jambretnya juga gila2an..berjubel dengan bau nano-nano..huaah Jakarta nggak ada matinye deeh,,,
Padahal mungkin banget lho kita berpergian pake sepeda..*ya..ya..yang rumahnya jauh jangan teriak dulu*
Tapi kan..badan jadi sehat bukan?? But still ada syaratnya, mobil2 pada pere dulu..lah klo nggak syelesei hidup lo dengan asap2 di Jakarta..
bersepeda yukk??
Hmm..itu cerita pengalamanku di pagi hari..menyenangkan melihat gedung2 tinggi di Jakarta, lihat orang lalu lalang menunggu angkot untuk membawa mereka ke tempat kerja, pedagang-pedagang yang menjajakan makanan di pagi hari untuk sarapan, joki-joki 3 in 1 yang menunggu di sepanjang jalan Latuharhari dan Blora, para penumpang KA yang baru turun di Stasiun Sudirman, sampai hal kecil orang lagi ngupil, lagi nguap, lagi bersin..hehe..
Lucu..lucu..naek motor tuh enak meskipun harus keujanan, Enter Windy, Asap, Debu, Terik Matahari,, Ampun perjuangan banget deh gue..
Semenjak itu jg udah jaraaang banget dengerin siarannya Mas Bedu dan Mas Rico di Mustang..*padahal kangen candaan mereka* selain itu setiap ada kesempatan berangkat pagi, aku lebih memilih menggunakan motor ketimbang mobil. IUH..Jakarta sekarang?? Huaah..syelesyei deh hidup kita di jalanan klo naek mobil pagi hari..hehe..
Terhitung sejak tanggal 20 Agustus kemaren, aku resmi bekerja menjadi karyawan di daerah Menteng, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang sosial...Dan resmi pula aku menjadi komunitas pengguna jalanan Jakarta di pagi hari untuk rute Duren Sawit – Casablanca – Rasuna Said – Blora – Talang Betutu, Menteng.
Walau wajah berkeringat//tak kupedulikan lagi//Walau panasnya menyengat//Kulewati Casablanca...
Sepenggal lirik dari lagunya Kahitna sangat mewakili diriku deh sekarang. Perang pun dimulai di pagi hari, siap dengan motorku, helm, *eh helm baru mahal yak?*, masker dan tas gemblok warna pink..*mau ganti tas..habis ketahuan ceweknya!*, aku pun melaju melewati jalan terusan Casablanca..
Biasanya mandeg mulai terasa dari Cipinang, lalu terasa lagi di setiap Fly Over atau Under Pass, karena mobil nyabet dari sudut mana pun untuk menuju ke dua jalur Fly Over/Under Pass, sehingga para motor, tersisihkan di paling ujung jalur dan kami pun berebutan masuk ke jalur motor di sebelah kiri. Ditambah lagi para mikrolet yang selalu nurunin atau naekkin penumpang di tempat yang sama dengan para motor..Kemudian paaallling mandeg ya di kawasan TPU Menteng Dalam Casablanca menuju Terowongan Casblanc sampai puteran menuju Rasuna Said. Busseeett..itu yang namanya motor ya..sempet2nya ada aturan berhenti! Padahal motor lho..Barulah dari Rasuna Said, motor bisa bergerak bebas kembali karena tiap kendaraan memiliki jalur sendiri, kami para bikers di jalur lambat, sedangkan mobil2 di jalur cepat. Klopun ada hambatan, paling2 itu ulahnya Kopaja yang ngetem dan nurunin penumpang, serta mobil-mobil yang ingin memasuki area perkantoran...
Selama perjalanan, banyak hal-hal yang bisa dilihat lebih jelas, lalu terkadang membuahkan suatu pemikiran tentang kota Jakarta.
Tau nggak sih lo..? Jalur di Casablanca itu selalu macet di pagi hari dan bisa bergerak sedikit bebas baru sekitar jam 10 atau jam ½ 11. mulai jam 12-an..kembali macet karena jam makan siang..
Penyebab kemacetan bisa bermacam-macam..kalo sampai para pengguna motor nggak bisa jalan, biasanya ada mobil yang mogok. Atau kecelakaan beruntun, dan paling apes buat para pengguna jalan klo kejadian itu terjadi di jalan yang hanya terdapat 2 jalur..WUH itu ya mati2an deh berjuangnya..dan jangan salah, klo kejadiannya terjadi di jalan yang memiliki 3 jalur pun tetap menyebabkan macet yang aduhai yang bisa membuat jalur motor pun tersendat, hanya saja tingkatannya tdak separah kecelakaan di 2 jalur...
Lalu..setiap hari selama seminggu ini, sebenarnya sejak dulu..aku perhatikan di Casblanc itu kecelakaan selalu terjadi tiap hari. Apapun! Yang paling sering sih motor dengan mobil..kemudian mobil dengan mobil yang menyerempet atau kasus paling sering terlihat adalah nyosor mobil depan akibat ngerem mendadak *nggak heran karena jalannya seiprit-iprit*...lalu motor dengan motor juga ada..tapi nggak terlalu krusial, karena kita udah cuek aja klo saling menyenggol sedikit..kecuali kalo sampai merusakkan hal-hal yang penting, kayak lampu sampai pecah..
Dan hampir menjadi pemandangan setiap hari pula melihat pecahan kaca berserakan di jalan Casblanc *geleng2 kepala*..
Sebenarnya bukan mau menyalahkan motor terlalu dalam..karena kan semua tergantung gimana disiplinnya si pengemudi..tapi bener loh, pemicu awal terjadinya kecelakaan di Casblanc itu biasanya motor.. *kecuali untuk kasus mobil-mobil*
Gimana nggak, aku aja nih yang lagi ngantri melaju di jalur motor, pelan-pelan bawanya, dengan jarak sesenti dengan motor depan, masih ada aja motor yang mau nyalib aku dari kanan..bodoh kan? Hal kayak gitu sering bikin kaget mobil-mobil yang ada di sebelah kanan, sehingga mereka jadinya ngerem mendadak..ya iyalah..gimana nggak kaget klo tiba-tiba motor bikin 2 jalur dengan jarak ke body mobil lebih mepet lagi..? terus nih..klo ada mobil yang udah ngasih sen mau belok..masih ada aja motor yang nggak kasih..padahal apa sih susahnya ngasih dan menunggu sebentar dia belok? Toh jalanan di depan juga tak bergerak panjang..ini mah terus aja berkelok-kelok motornya menghindari mobil yang mo belok..gara2 hal itu juga makanya motor aku keserempet motor lagi..aku lagi nunggu mobil mau ngambil kanan, eh ada motor dari samping terus aja melaju menghindari mobil itu, motor gue kan yang kena!! Pacar Keduaku bodynya sedikit tergores..hikz..Please atuh lah sabar-sabar aja..
Hal lain yang merugikan di Casblanc adalah tindak kriminal untuk menguntungkan kepentingan usaha..sering banyak ranjau paku berserakan di sisi kiri jalan..yang apes kena, ban bisa kempes dan mau nggak mau harus menambal di tambal ban terdekat. Yang parah kempesnya bukan kempes biasa, tapi sampai ke bagian ban dalam sehingga seringkali tempat tambal ban itu meminta motor untuk mengganti bannya. Hati-hati lho...
Well, basically kemacetan itu terjadi karena TERLALU BANYAK KENDARAAN di JAKARTA!! Ya iyalah,, sehari aja pertumbuhan kendaraan di Jakarta selalu naik, udah gitu mobil yang masuk Jakarta pun bertambah setiap harinya. Contoh di salah satu dealer mobil, pembelian harian mereka itu dalam sehari adalah 15.000 unit mobil! Can u imagine..sangat tidak sebanding dengan pertumbuhan jalanan di Jakarta yang wiciz aku mikir..mau tambah jalan dimana lagi!!?
Orang pada sok kaya apa yak? Belinya mobil mulu..hehe..
Tapi ya susah juga, orang mikir 2x deh mo naek angkot secara jambretnya juga gila2an..berjubel dengan bau nano-nano..huaah Jakarta nggak ada matinye deeh,,,
Padahal mungkin banget lho kita berpergian pake sepeda..*ya..ya..yang rumahnya jauh jangan teriak dulu*
Tapi kan..badan jadi sehat bukan?? But still ada syaratnya, mobil2 pada pere dulu..lah klo nggak syelesei hidup lo dengan asap2 di Jakarta..
bersepeda yukk??
Hmm..itu cerita pengalamanku di pagi hari..menyenangkan melihat gedung2 tinggi di Jakarta, lihat orang lalu lalang menunggu angkot untuk membawa mereka ke tempat kerja, pedagang-pedagang yang menjajakan makanan di pagi hari untuk sarapan, joki-joki 3 in 1 yang menunggu di sepanjang jalan Latuharhari dan Blora, para penumpang KA yang baru turun di Stasiun Sudirman, sampai hal kecil orang lagi ngupil, lagi nguap, lagi bersin..hehe..
Lucu..lucu..naek motor tuh enak meskipun harus keujanan, Enter Windy, Asap, Debu, Terik Matahari,, Ampun perjuangan banget deh gue..
LifeAin’tEasY ya??
1 comment:
eugh!!
tapi aye pengen naek mongtor nih!!
Post a Comment